Telkomsel dan Ericsson Perkuat Jaringan 5G dan Komitmen Ramah Lingkungan

Telkomsel dan Ericsson Perkuat Jaringan 5G dan Komitmen Ramah Lingkungan

BLOG FOKUS
– Telkomsel dan Ericsson (NASDAQ: ERIC) menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis (SPA) di ajang Mobile World Congress 2024 untuk memperkuat jaringan 5G di Indonesia. Kolaborasi ini meliputi pengaktifan fitur canggih Radio Access Network (RAN) Energy Efficiency dan uji coba teknologi 5G Standalone (SA) pada jaringan Telkomsel.

“Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan digital telco terbaik di Indonesia yang secara konsisten menyediakan layanan ramah lingkungan dan efisien melalui pemanfaatan teknologi terkini,” ujar Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna.

Kolaborasi ini menegaskan dukungan Telkomsel dan Ericsson terhadap target Net Zero 2060 dan pengurangan emisi karbon pada 2030 di Indonesia. Telkomsel berkomitmen aktif dalam mengurangi emisi karbon melalui program ESG Telkomsel Jaga Bumi.

“Melalui kolaborasi ini, Telkomsel dapat memperkuat keberlanjutan bisnis dalam aspek operasional dengan meningkatkan kemampuan teknisnya untuk menyediakan solusi telekomunikasi yang inovatif, andal, dan ramah lingkungan,” jelas Indra Mardiatna.

Head Ericsson Indonesia, Krishna Patil, menyatakan kebanggaannya dapat mendukung Telkomsel dengan teknologi kelas dunia untuk mengoptimalkan peluang penggunaan 5G dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia.

“Kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Ericsson bersama mitra untuk merealisasikan pemanfaatan 5G secara maksimal dan mempercepat transformasi digital di Indonesia,” kata Krishna Patil.

Fitur canggih RAN Energy Efficiency memungkinkan perangkat radio Ericsson memasuki mode daya rendah saat traffic jaringan rendah dan menonaktifkan fungsi tersebut saat traffic tinggi. Hal ini dapat mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon secara signifikan.

Uji coba teknologi 5G SA akan memungkinkan Telkomsel untuk mengeksplorasi berbagai peluang baru dalam 5G, seperti layanan enterprise, fixed wireless access (FWA), dan Internet of Things (IoT).

Kolaborasi Telkomsel dan Ericsson ini merupakan langkah penting dalam memajukan teknologi 5G di Indonesia dan mendukung pencapaian target Net Zero 2060.

/Red

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru