Pemprov Banten Mendorong Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk Pertumbuhan Ekonomi

Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)

BLOG FOKUS BANTEN - Penjabat Sekda Banten: Komitmen Bersama untuk Mendorong Ekonomi Melalui Produk Dalam Negeri

Serang, 12 Desember 2023 - Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Banten, Virgojanti, menyatakan komitmen Pemerintah Provinsi Banten dalam meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Pernyataan ini disampaikan dalam acara Business Matching P3DN di Plaza Aspirasi, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, pada Selasa (12/12/2023).

Virgojanti mengungkapkan, "Ini menjadi satu komitmen bersama, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Mudah-mudahan, ini menjadi pertanda baik yang berkaitan dengan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan komponen dalam negeri."

Pemanfaatan Produk Dalam Negeri Diharapkan Berdampak Positif

Dikatakan bahwa penggunaan produk dalam negeri memiliki dampak positif signifikan, seperti mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan. Virgojanti menekankan bahwa dengan pengembangan usaha industri di dalam negeri, akan terjadi penyerapan tenaga kerja dan berbagai dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh.

Business Matching P3DN Sebagai Wadah Pemetaan Kebutuhan Industri

Business Matching P3DN di Provinsi Banten menjadi wadah untuk mempertemukan pelaku industri yang menghasilkan produk bersertifikat TKDN. Babar Suharso, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memetakan kebutuhan barang dan jasa dari perangkat daerah di Provinsi Banten.

Komitmen Bersama untuk Prioritaskan Komponen Dalam Negeri

Virgojanti mengajak pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten untuk bersama-sama memprioritaskan penggunaan komponen dalam negeri. "Kami memprioritaskan penggunaan komponen dalam negeri dalam proses pengadaan barang dan jasa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya.

Dukungan Terhadap Pelaku Industri Lokal

Business Matching P3DN melibatkan sejumlah perusahaan, Industri Kecil dan Menengah (IKM), serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Banten. Acara ini mencakup pemaparan materi dari Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian, serta konsultasi mengenai tata cara sertifikat TKDN.

Dengan semangat ini, diharapkan munculnya kolaborasi yang kuat untuk menggerakkan ekonomi melalui pemanfaatan produk dalam negeri.

Baca juga:

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru